Senin, 26 Juli 2010

MEMBUAT JARINGAN HOTSPOT DENGAN SPEEDY


kali ini saya menulis tentang bagaimana cara membuat jaringan hotspot , ok langsung saja..Membuat jaringan hotspot menggunakan speedy sangat mudah untuk dilakukan tidak banyak settingan yang perlu dilakukan bahkan bisa otomatis. Pertama siapkan perlengkapanya
1. Modem Speedy
2. HUB/Switch lan bisa ingin dishare via LAN Kabel
3. Access Point atau Wifi Router

Modem speedy sebenarnya sudah memiliki router sehingga cukup menggunakan Access Point saja sebenarnya sudah bisa. Prinsip kerja sebenarnya sangat simple HUB dan AP adalah sebagai penghubung antar client dan client dengan modem. Karena modem speedy sudah memiliki fungsi router maka semua koneksi yang masuk ke modem bisa langsung di manage oleh router.

Saat client memberi perintah contoh http://google.com, perintah ini akan dikirimkan ke modem melalui HUB (untuk jaringan kabel) atau AP (untuk jaringan wirelessnya). Lalu perintah ini diteruskan oleh modem ke server internet speedy maka kita bisa mengakses internet. Dibutuhkan router adalah untuk mengatur semua request dari client misal client A mengirimkan perintah X dan Client B mengirimkan perintah Y router akan meneruskan perntah X dan Y ke server lalu mengembalikan perintah X ke client A dan perintah X ke Client B. Kira-kira gambaran dasarnya seperti itu.

Konfigurasi jaringan
modem --> HUB/Switch <--AP/Wifi Router

jadi modem dan AP/Wifi Router dikoneksikan ke HUB/Swicthnya. Kemudian setelah dihubungkan saat modem nyala PC dan AP otomatis akan saling terkoneksi menggunakan DHCP yang memberikan IP otomatis untuk semua Clientnya. Setting AP agar mejadi bridge jadi AP/router hanya menghubungkan saja ke Modem dan IP diatur oleh modem.

semua client sudah bisa terkoneksi internet tanpa perlu mengatur IP masing-masing client cukup set ke automatic karena semua IP diatur oleh modem secara dynamic.

semoga bermanfaat kalau ada yang salah mohon dikoreksi

2 komentar:

  1. mas mau tanya, kalau dalam satu warnet mau di bikin internet (pake PC) dan wifi dalam satu ruangan (rumah usaha) bisa apa tidak? sementara ini kan usahabya warnet pake PC, terus kalau ke depannya nanti di tambah dengan wifi di separuh ruangan bisa apa tidak? kalau bisa, settingannya bagaimana?
    providernya pake speedy, lalu apakah modem/router/hub-nya harus terpisah/sendiri2 antara internet PC dg WIFI? trmkasih.

    BalasHapus
  2. Bisa az. . .pake modem TP Link adsl + router. . .settingannya udah ada. . .masuk az ke internet explorer/mozilla firefox. . .192.168.1.1 dst ada smua settingannya. . .

    BalasHapus

Makasih yang udah mampir,,Komen dong masih kosong nih...

SEO Tools by MessageForce